LEBAH MADU


Jasa pelatihan berternak, menjual madu, Koloni lebah, stup, ekstraktor, pengasap, masker, dan produk lebah lainnya.

Apis sp
           Assalamu'alaikum., Haiii., Halloooo.., Kali ini saya akan manuliskan sedikit tentang lebah madu. Siapa yang tidak  suka madu..? terlebih bila madu itu asli dan kita makan langsung dari sarangnya. Pastinya warrrbyasaaaa ajibbbb.., dan kebutuhan madu untuk masyarakat umum juga industri semakin lama semakin meningkat. Namun semua permintaan itu belum dapat terpenuhi. Hal ini menjadikan berternak lebah masu adalah usaha yang menjanjikan. Nah., kali ini saya akan menjelaskan sekilas tentang lebah madu dan sedikit tentang cara berternak lebah madu. Secara umum, ada dua Genus (Keluarga) lebah yang menghasilkan madu, yaitu Apis dan Trigona. Keluarga Apis memilki beberapa spesies lainnya, dan jenis yang umum diternakkan adalah jenis lebah lokal (Apis cerana) juga jenis lebah Eropa (Apis melifera). Masih banyak lagi jenis dari keluarga Apis, namun dua jenis tadi yang umum dan diternakkan dan menghasilkan madu lebih banyak. Selain madu, Apis juga menghasilkan propolis, Bee Pollen (roti lebah), Royal jelly (susu ratu), dan lilin lebah yang berasal dari sarang lebah.



Ratu Lebah berukuran jauh lebih besar



            








  
   


Trigona sp
          Sedangkan untuk keluarga Trigona atau bahasa daerahnya klenceng, lenceng, dll. Untuk spesies dari jenis ini diketahui ada sekitar 37 spesies yang tersebar di seluruh Indonesia, dan spesies umum yang diternakkan adalah Trigona itama dan Trigona laeviceps. Lebah Trigona lebih sedidkit menghasilkan madu, hal yang wajar bila kita mengingat ukuran lebahnya yang kecil, hanya sekitar 3 – 5 mm. Bila lebah madu (Apis) memiliki sengat, maka lebah Trigona dengan ukurannya yang kecil tidak memiliki sengat. Namun lebah ini dapat menggigit bila merasa terancam. Karena tidak memiliki sengat, untuk perlindungan sarang dan koloninya selain dengan gigitan adalah dengan menggunakan propolis. Propolis merupakan getah tumbuhan yang digunakan lebah ntuk menutupi dan melindungi sarang dari serangan jamur, bakteri, dan juga predator lainnya. Propolis mengandung antioksidan yang tinggi, sekitar 9.674 atau 403 kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Propolis juga sudah sangat terkenal sebagai penyembun dan penangkal berbagai jenis penyakit. Itu mengapa harga propolis cukup mahal. Harga propolis yang telah diekstrak dijual seharga Rp. 100.000,-/6 ml. Madu Trigona juga memiliki rasa yang khas dengan campuran rasa asam, kandungan yang juga jauh berbeda dengan madu dari lebah biasa.

Trigona alam
Trigona dalam stup
            Nah.., beternak lebah, baik itu lebah Trigona maupun labah Apis harus siap – siap merasakan gigitan dan sengatan lebah tersebut. Hal yang pertama kali harus anda lakukan untuk mulai berternak adalah kebulatan tekad dan kesabaran. Karena untuk mendapatkan madu memang memerlukan waktu. Hal selanjutnya yang harus kita siapkan adalah koloni lebah. Ada dua cara yang umum untuk mendapatkan koloni lebah, yang pertama adalah dengan mengambil/memindahkan kaloni yang didapat dari alam. Cara kedua adalah dengan membeli koloni lebah. Tentu cara kedua jauh lebih praktis. Kita tinggal menempatkan koloni di lokasi yang terdapat pakan lebah, tunggu hingga lebah selesai mengisi sarangnya dengan madu. Peralatan selanjutkanya yang harus kita miliki adalah stup (kotak lebah). Stup bertujuan memudahkan dalam merawat maupun memanen madu nantinya. Alat penting selanjutnya adalah Smoker (pengasap). Smoker sangat dibutuhkan terutama untuk mengendalikan lebah Apis yang bersengat. Pengasapan bertujuan untuk membuat lebah lebih tenang dan tidak agresif. Sehingga mengurangi resiko sengatan lebah saat kita melakukan interaksi dengan lebah. Selanjutnya adalah masker. Masker bertujuan untuk melindungi kita dari serangan lebah. Umumya saat proses pemanenan, lebah akan jauhu lebih agresif karena merasa terganggu. Termasuk lebah Trigona. Jadi masker dibutuhkan oleh peternak lebah Apis maupun Trigona. Ekstraktor adalah alat yang digunakan untuk memanen madu (khususnya Apis) tanpa harus merusak sarang, sehingga madu yang dihasilkan jauh lebih bersih dan lebah tidak harus bekerja keras untuk membangunsarangnya kembali karena sarang lebah tidak di rusak.
            Sedangkan untuk persyaratan umum dalam beternak lebah, yang terpenting adalah tersedianya pakan yang cukup bagi lebah. Secara umum, lebah madu (Apis) dapat mencari makan hingga 2 Km dari sarang. Sedang klenceng atau Trigona, umumnya dapat mencari terbang sekitaran beberapa ratus meter hingga 1 km. Berternak lebah juga harus memeperhatikan musim/cuaca. Sebaiknya saat musim penghujan, pemanenan madu tidak rutin dilakukan. Karena saat musim penghujan lebah akan dominan berada di dalam sarang, dan selama prose situ lebah akan mengkonsumsi persediaan makanan yang ada di dalam sarang. Apabila tetap memaksakan pemanenan, maka koloni lebaha akan lemah karena kekurangan makanan. Demikian penjelasan umum tentang lebah madu dan teknik berternaknya. Bagi anda yang berminat untuk memulai usaha perlebahan, dapat menghubungi saya. Saya dapat menyediakan semua peralatan dan perlengkapan yang anda butuhkan untuk berternak lebah. Mulai dari koloni hingga produk perlebahan seperti madu (madu bunga rambutan, madu bunga lengkeng, madu bunga rambung, madu bunga karet, hingga madu hutan). Saya juga dapat memfasilitasi penyuluhan/pengajaran tentang berternak lebah madu. Harga koloni lebah madu lokal (Apis cerana) adalah Rp. 550.000,-, Smoker Rp. 300.000,-, Masker Rp. 200.000,-, Koloni Trigona (Trigona laeviceps) Rp. 300.000,-. Untuk informasi harga dan lainnya, Anda dapat menghubungi saya di :
Hp/WhatsApp         : 081396179223
Email                          : ferryauliahawari@gmail.com
Lokasi                        : Medan dan Siantar



Smoker (Pengasap)



Ekstraktor (alat panen madu)
Masker


Stup yang berisi koloni





Comments

Popular Posts