Pohon-pohon di UNIVERSITAS SUMATERA UTARA (USU)

      Pohon memiliki banyak manfaat, pohon juga menjadi inspirasi untuk banyak kata-kata motivasi. Menurut buku "Mengenal Sifat-sifat Kayu Indonesia dan Penggunaannya" cetakan 19 tahun 2012, Hutan Indonesia memiliki potensi sekitar 4000 jenis pohon berkayu yang tersebar di seluruh Nusantara. Dari jumlah tersebut baru sebagian kecil saja yang telah diketahui sifat-sifatnya dan keguanannya. 
      Nah, kali  ini saya akan membahas tentang beberapa pohon yang terdapat di kampus tempat saya menyerap ilmu dan ini baru sebagian kecil dari banyak pohon yang ada di USU-maklum, kameranya minjem punya temen jadi doain saya supaya punya kamera DSLR atau GoPro sendiri ya. Amiiinnnn.., Hahahaha..., Foto-foto yang ada di blog ini saya ambil sendiri, jadi harap dimaklumi bila tidak semua gambar berkualitas HD. :D Saya juga hanya menjelaskan sekedarnya, karna fokusnya untuk memperkenalkan pohonnya saja, belum sampai detail membahas biodata si pohon. Jadi jika ada kekurangan atau informasi yang dirasakan salah, mohon kritikan dan masukkannya. Terima kasih, semoga bermanfaat..,


1. Asam Mundu (Garcinia Dulcis) Famili Clusiaceae
      Pohon ini yang saya tau hanya ada satu tegakan dan hidup sebatang kara di kampus USU, tepatnya di depan Biro Rektor di sebelah kandang Kalkun atau kawasan kebun binatang mini USU. Keluarga manggis ini memiliki rasa buah yang asam level 8, bisa buat mata merem melek. hehehe..., Yang saya tau di tanah Jawa asam ini sering di konsumsi langsung, namun untuk di Sumatera Utara khususnya Medan, saya belum tau ada yang mengkonsumsinya karena pohonnya juga sedikit di Medan. Ok, ini dia penampakannya..,

Pohon Mundu
Buah Muda

Buah matang
Isi buah



2. Bungur (Lagerstroemia speciosa) Famili Lythraceae
      Pohon ini umumnya menjadi peneduh di taman. Memiliki bunga yang cukup cantik berwarna ungu, dan memiliki buah yang merekah saat telah tua dan menyebarkan biji-biji kecilnya. Di USU pohon ini banyak terdapat disekitaran Biro Rektor.
Buah muda




3. Nam-Nam (Cynometra cauliflora) Famili Fabaceae
      Nam-nam, mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar namanya apalagi memakan buahnya. Jenis ini termasuk limited edition alias sudah mulai langka di beberapa daerah. Buahnya dapat dimakan, waktu saya kecil saya pernah menikmati buahnya. Buah matang berwarna kekuningan, tekstur daging matang agak lembut dengan rasa manis sedikit asam. Di USU pohon ini ada di Depan Biro Rektor juga di kantor YLI di pintu 4.
Bunga Nam-nam



Buah Nam-nam muda





4. Pohon/Bunga Sapu Tangan (Maniltoa grandiflora) Famili Fabaceae
      Ini pohon termasuk yang cukup unik dan menarik, dari namanya juga sudah unik toh.., Pohon ini memiliki daun muda berwarna keputihan, berlipat dan saling menindih, dan lemas sehingga seperti lipatan kain. Saat saya mengambil gambar ini sedang musim buah, sehingga dauh mudanya tidak telihat. Bagi yang penasaran dengan daun muda pohon ini, dapat melihatnya langsung di depan Biro Rektor USU atau dapat juga dilihat di Google. Hehehe...,
Buah



Daun muda yang mulai menua

  
5. Eboni/Kayu Hitam (Diospyros celebica) Famili Ebenaceae
       Kayu eboni/kayu hitam termasuk kayu meubel kelas 1, memiliki kelas kuat dan kelas awet 1 yang berarti kayu ini adalah kayu yang sangat kuat dan sangat awet. Pohon yang masih satu keluarga dengan bisbul dan kesemek ini memiliki kayu teras berwarna hitam. Di USU, lagi-lagi pohon ini ada di sekitaran biro rektor. Lebih tepatnya di sekitaran kebun binatang mini, dekat logo UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Dari yang saya tau ada sekitar 3 tegakan di sana.
 
6. Bisbul (Diospyros blancoi) Famili Ebenaceae
      Velvet apple, mabolo, bisbul, sembolo, buah lemak, dan marit adalah sederat nama pohon ini. Di Indonesia umumnya dikenal dengan nama BISBUL. Pohon yang masih satu keluarga dengan eboni ini memiliki buah yang unik. Saya pernah memakannya saat jalan-jalan ke Bogor. Buahnya diselimuti oleh bulu-bulu halus, berbentuk bulat agak pipih dan memiliki aroma yang khas. Di USU sendiri, lagi dan lagi terdapat di depan biro rektor dan di ujung jalan Pintu 1 USU. Saya sendiri belum pernah melihat yang di USU berbuah, namun saat hunting foto sempat mengabadikan pohon yang sedang berbunga di salah satu rumah di ujung jalan Pintu 1. 
 


Ini dia bunga bisbul, semoga kelak menjadi buah yang manis :)

7. Kayu Putih (Melaleuca leucadendron) Famili Myrtaceae
      Kayu putih atau gelam merupakan bahan baku utama dalam pembuatan minyak kayu putih. Keluarga jambu-jambuan ini (myrtaceae) memiliki bunga khas myrtaceae yang cukup cantik dan harum. Di USU sendiri pohon ini ada di salah satu rumah di ujung jalan Pintu 1 tempat saya menemukan pohon bisbul.
 
 


8. Dedap Merah (Erythrina crista-galli) Famili Fabaceae
     Nah, ini pohon cukup terkenal karena banyak di tanam di taman-taman hingga pinggiran jalan. Bunganya yang indah menjadi salah satu faktor mengapa ia cukup terkenal. Di USU sendiri banyak di tanam disekitaran gedung H. Anif, di samping lapangan sepak bola FISIP.


 



9. Kecrutan/African Tulip (Spathodea campanulata) Famili Bignoniaceae
      Pohon ini dinamakan kucrutan atau ki acret yang berarti cipratan-kurang lebih begitu-karena bunganya sering mengeluarkan air. Jadi jika kita berdiri di bawah pohon ini kemudian ada tetesan air yang jatuh itu berasal dari bunganya yang emang suka nyipratin air. Katanya sih begitu. Ini pohon ada di dekat FKM dan di hutan Tri Dharma pintu 4 USU.

10. Buni (Antidesma bunius) Famili Euphorbiaceae
      Buni juga termasuk kedalam komunitas limited edition atau sudah mulai jarang dijumpai walaupun di USU sendiri sebarannya lumayan luas, ada di Pintu 3, pendopo, Fakultas Hukum, dll. Buni memiliki buah yang bergerombol. Buah mudanya berwarna hijau yang perlahan berubah kemerahan dan menjadi kehitaman saat matang. Buah buni dapat dimakan, rasanya manis asam meyegarkan walau bagian buah yang dapat dimakan sedikit karena bijinya lumayan besar.
 


 
11. Ketapang Brazil (Ficus lyrata) Famili Moraceae
      Walaupun memiliki nama ketapang, namun Ketapang Brazil (Ficus lyrata/Ficus pandurata) tidak memiliki hubungan darah dengan ketapang biasa atau ketapang kencana. hhe.., Ketapang brazil termasuk kedalam keluarga ficus-ficusan/beringin sedangkan ketapang yang biasanya kita jumpai termasuk kedalam keluarga Combretaceae. Karena termasuk kedalam keluarga ficus, maka dia juga memiliki sifat yang sama dengan ficus, bergetah putih dan memiliki buah semu. Di USU sendiri pohon ini ada di Fakultas Hukum. 


12. Sawo Kecik (Manilkara kauki) Famili Sapotaceae
      Sawo kecik termasuk keluarga sawo biasa, umumnya dijadikan pohon peneduh di taman-taman. Memiliki tajuk yang cukup rindang, daun yang berwarna keperakan pada bagaian bawah, dan memiliki buah yang cantik. Daun dan buah sawo kecik memiliki banyak getah, buahnya berwarna merah saat telah tua. Saya tidak tau apakah buah ini dapat di konsumsi secara langsung atau tidak, tapi yang saya tau buah ini dapat diolah menjadi sirup. Pohon ini ada di beberapa lokasi di USU, antara lain di kawasan Biro Rektor.
 


13. Ketapang Kencana (Terminalia mentaly) Famili Combretaceae
      Jenis ini cukup cantik dengan ciri khas terminalia, yaitu tajuk yang bersusun seperti paggoda dan daun berbentuk oval dengan ukuran yang kecil. Di USU sendiri terapat di Biro Rektor namun masih tingkat pancang, belum sampai tingkatan pohon.
 
14. Kesambi (Schleichera oleosa) Famili Sapindaceae
      Pohon ini cukup membuat saya penasaran selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. hahaha.., Pertama kali saya melihatnya adalah di salah satu jalan di kota medan, waktu itu pohon ini sedang berbuah. Saya kira ini salah satu jenis atau varian dari kelengkeng karena bentuk dan warna buahnya mirip, daunnya juga mirip. Dan saat keliling-keliling USU ketemu pohon ini lagi, saya coba untuk mencari tau tentang si dia dan juga beranikan diri untuk mencicipi buahnya yang berasa asam. Dan akhirnya saya berhasil mengenal dia lebih dalam lagi. hahaha.., Ternyata dia bernama Kesambi. Sebenernya saat saya searching di google gambar yang ditunjukkan oleh google agak berbeda, tapi saya yakin ini adalah kesambi (Schleichera oleosa). Pohon ini ada di depan FISIP USU dan di samping lapangan sepak bola FISIP.
 


 
     
15. Syzygium grande Famili Myrtaceae
      Pohon ini saya tidak tau nama lokalnya, baru kenal kemaren di depan Biro Rektor USU. Nama gaulnya syzygium grande. Saat hunting foto kemaren, pohon ini lagi berbunga. Keluarga jambu-jambuan ini memiliki bunga yang serempak berwarna putih dan sangat indah. Namun hati-hati mendekati pohon ini saat musim bunga, karena sangat banyak serangga seperti lebah mengitari bunga-bunganya untuk mengambil nektarnya.




Comments

  1. kok gak semua bang????
    pohon yang di depan FISIP itu apa bang???

    ReplyDelete
  2. akhirnya tau juga bang, ternyata itu kesambi,..
    hehehehe

    ReplyDelete
  3. Makasi bg, pas kali abg kasi tau yg gak kami ketahui.. Karna wkt Dendrologi dulu, paling kayak Mahoni, Asam Jawa, Angsana.. Dan pohon2 yg abg posting, kami banyak gak tau..

    ReplyDelete
  4. kalo pohon kesumba keling di usu dimananya ya?

    ReplyDelete
  5. kalau pohon melinjo ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di polmed banyak sama di jl. abdul hakim banyak

      Delete
  6. Mohon infonya, apakah Tumbuhan sawo kecik masih ada di sekitara kampus USU??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts