TANGKAHAN; The Hidden Paradise

       THE HIDDEN PARADISE, julukan yang cukup pantas untuk Tangkahan. Merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Tangkahan memiliki bentang alam yang indah dengan flora dan fauna yang juga khas. Tangkahan telah menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan asing di Sumatera Utara selain Danau Toba dan Bukit Lawang. Objek-objek manarik yang terdapat di Tangkahan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah sungainya yang indah dan sejuk, hutannya yang masih cukup asri, suasana yang tenang, gua, gajah dan banyak hal menarik lainnya. Berikut saya ceritakan sebagian pengalaman saya dan teman menikmati keindahan alam Tangkahan ala Backpacker dengan bantuan teman sekaligus guide kami asal Tangkahan, Lucky (Terima kasih atas semua bantuannya, hhe.,). Semoga dapat memberi informasi dan menjadi reverensi bagi ada yang akan mengunjungi Tangkahan.

          Hal pertama yang akan saya bahas tentang Tangkahan adalah kegiatan air. Sungai merupakan salah satu objek utama di Tangkahan yang menjadi daya tarik wisatawan. Sungai di Tangkahan memiliki air yang sejuk, berarus sedikit deras, dan di beberapa titik terdapat sumber air panas yang mengalir dan menyatu dengan air yang sejuk. Tubing (mengarungi sungai dengan menggunakan ban dalam bekas) cukup menarik untuk dilakukan. Menikmati keindahan air terjun juga hal yang menarik di Tangkahan.

 


Salah satu sumber air panas ditepian sungai
Tubing



            Kegiatan selanjutnya berkaitan dengan JELAJAH. Ya, tracking ditengah hutan Lueser, melihat jejak Datuk (Gajah) di alam, Caving (telusur gua), tracking with elephant dan memandikan gajah menjadi hal menarik lainnya. Terdapat beberapa gua di Tangkahan, saya berkesempatan mengunjungi salah satunya. Yaitu Gua Kalong. Untuk mencapai gua ini kita harus berjalan sekitar 3 jam melewati hutan dan ujung gua ini berada di tepi sungai. Kita dapat Tubing dari lokasi ini melewati lokasi pemandian gajah.


Jalur tracking menuju gua kalong
Ujung gua yang merupakan tepi sungai


Pintu masuk gua
Elephant bathing





Gua kalong
















              





      








     Nah, itu cerita saya tentang Tangkahan. Untuk menikmati tangkahan, tidak cukup hanya sehari saja. Selain karena perjalanan yang cukup jauh dari Medan, kita juga tidak bisa menikmati semua keindahan alam Tangkahan dalam sehari. Penginapan cukup banyak dengan harga yang cukup terjangkau. Berkisar Rp. 75.000,- hingga Rp. 300.000,- per malamnya. Tentang semua akomodasi dan paket wisata di Tangkahan anda dapat mengunjungi situs http://tangkahanecotourism.com/. Dan apabila anda berkunjung pada saat musim buah, maka anda juga dapat menikmati durian Tangkahan. Sekian dari saya, dan SALAM EXPLORASI....!


Durian Tangkahan
Penginapan



Rakit untuk menyebrangi sungai
Salah satu penginapan di seberang sungai


Jebatan gantung juga untuk menyebrangi sungai


Brosur paket wisata Tangkahan

Comments

Popular Posts