Panduan Mendaki Gunung Sinabung

Trip to Sinabung Mountain..,   



       Gunung sinabung merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara dengan ketinggaian sekitar 2.460 mdpl yang terletak di Kebupaten Karo. Gunung Sinabung dan Sibayak adalah dua gunung berapi yang masih aktif. Untuk mencapai gunung ini dari kota Medan, kita dapat menggunakan angkutan umum seperti Sumatra Transport (SUTRA), Murni Express, Borneo, atau Sinabung Jaya dari Simpang Pos (Jl. Jamin Ginting, Padang Bulan). Biayanya berkisar Rp. 10.000,- untuk tujuan Berastagi dan Rp. 13.000,- untuk tujuan Kabanjahe.

    Setelah tiba di Kota Berastagi, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota bernama Takasima atau Rio. Kedua angkot ini mangkal di pasar (bahasa medannya pajak) dekat tugu Kol (kalo ga ngerti juga bilang aja sama kernet Sutra/Murni/Borneo, dll berhenti di terminal Rio/Takasima, ok Lae....,). Tarif yang dibebankan kepada penumpang sebesar Rp. 6.000,- dan anda akan langsung diantar ke Danau Lau Kawar yang tepat berada di kaki gunung Sinabung. Perjalanan dari Kota Berastagi menuju Danau Lau Kawar ditempuh sekitar 90 menit.


   Setelah tiba di danau Lau Kawar anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 4.000,-/orang. Anda dapat langsung mendirikan tenda di lapangan tepat pinggir danau Lau Kawar atau juga du puncak gunung Sinabung. Namun harus anda ingat bila berkemah di puncak Sinabung, gunung ini masih aktif dan mengeluarkan asap belerang yang cukup pekat pada pagi hari dan sumber air cukup sulit didapat.


     Demi keamanan dan kenyamanan saat akan mendaki Sinabung, baiknya anda melapor kepada tim BASARNAS yang bertugas mendata pendaki yang akan mendaki ke puncak Sinabung. Untuk biaya administrasi pelaporan pendakian, anda diharuskan membayar sekitar Rp. 5.000,-/orangnya. Dan jangan lupa untuk membawa turun kembali sampah yang anda bawa maupun yang anda temui di jalur. Bagi anda yang belum pernah mendaki gunung Sinabung sebelumnya umumnya akan menemui kesulitan dalam menemukan pintu rimba gunung Sinabung. Karena pintu rimba gunung Sinabung tidak memiliki tanda yang jelas.
   

 
      Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung Sinabung lebih kurang 3 jam perjalanan dan akan melewati 3 pos peristirahatan. Dari ketiga pos yang ada, hanya di pos terakhir atau pos 3 -biasa juga disebut pandan karena terdapat banyak pandan di sini- yang memiliki sumber mata air. 




     Jalur pendakian gunung Sinabung relatif mudah dan tidak terjal, kecuali jalur dari pos 3 menuju puncak yang biasa disebut jalur "Patah Hati" relatif curam dan licin. Dan beginilah keindahan dari puncak gunung Sinabung.


 



Comments

  1. Bang Tinggal dimana ?
    Kapan bisa Bareng Naik Sinabung Lagi ?
    Aku heri,
    tinggal Di Medan juga

    ReplyDelete
  2. Salam kenal...,
    Tinggal di medan juga.
    Wah,pengen juga naik lagi sih tapi lagi banyak kerjaan di kampus.
    hhe..,

    ReplyDelete
  3. Kuliah dmana Bg ?

    Kalau ada Rencana lagi....
    Hubungin ea Bg...

    ReplyDelete
  4. Bang kapan ada pendakian ke sinabung? Aku ada di jakarta dan pengen banget naik ke Sinabung sekalian pulang ke tempat mertua di Kabanjahe.

    Salam

    ReplyDelete
  5. Salam..,
    wah, kabanjahe ya bang. Udah deket bangat dengan Sinabung.
    Iya bang, nyari waktunya yang susah. Sebenernya ingin ke Sinabung lagi sih.
    hhe..,

    ReplyDelete
  6. Bang kalau ada pendakian ke gunung sinabung ajak saya yah :)

    ReplyDelete
  7. Kampung saya Desa Beganding masuk radius 5 km dari gunung Sinabung. Tenanglah jangan lagi batuk...😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts